Oleh: Fathy Farhat khan | November 9, 2009

Wisata Extreem di Pantai Timang nan Exotic

Subhanallah…., TALI tambang plastik sepanjang 200 meter berumur tiga tahun itu menjadi satu-satunya gantungan hidup saat menjelajahi Pulau Panjang dengan menaiki “kereta” gantung dari Pantai Timang. Adrenalin yang terpacu menciptakan sensasi wisata ekstrem yang tidak bisa ditemukan di tempat lain selain di Gunung Kidul, DIY.

Sahabat skalian…, Pulau Panjang adalah nama sebuah pulau kecil di seberang Pantai Timang,Purwodadi,  Kecamatan Tepus. Pulau ini menjadi lokasi penangkapan lobster bagi warga sekitar.

Untuk memudahkan penyebrangan dari Pantai Timang menuju Pulau Panjang, maka dibangunlah “kereta” gantung dengan tali tambang sebagai relnya. Tukijan bersama lima temannya harus berenang di antara tebing curam dan melawan ganasnya ombak laut selatan untuk membuat jalur “kereta” gantung itu.

Awalnya mereka hanya memasang dua utas tambang menuju ke pulau tersebut dengan biaya Rp 900.000. Masing-masing tali memiliki panjang sekitar 200 meter dengan diameter empat senti meter.

Sebelum ada “kereta” gantung, Tukijan bersama tema-temanya kerap batal berburu lobster ke Pulau Panjang karena terhalang tingginya gelombang. Selain menjadi sarana mencari lobster, kursi gantung itu juga diminati wisatawan. Tukijan pun kerap mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi operator kursi gantung bagi wisatawan.

Para pencinta olahraga off road dan pemancing yang kerap mengunjungi Pantai Timang adalah sedikit orang yang telah merasakan sensasi “kereta” gantung tersebut. Ketika saya kesana Awal Oktober 2009 kmaren emang pas lagi keadaan ombaknya sangat keras, dan ini malan menambah sensasi yang luar biasa!!! Ketika saya berada di atas kereta gantung itu suara deburan ombak yang bertabrakan antara dua sisi pulau  terdengar bagai ledakan besar : BYUUUURRRRRRR!!!!. “Allahu Akbar!!!” Teriakku ketika air laut muncrat menghempas tubuhku yang sedang terayun-ayun di atas “kereta pemacu adrenalin” itu, hingga basah kuyup badan ini….sungguh luar biasa kawan…..

Rasa takut memang mendominasi ketika menaiki kursi gantung yang terbuat dari kayu dan ditarik dengan tali tambang plastik ini. Apalagi ketika deburan ombak laut selatan bisa menjangkau tubuh yang terayun-ayun di ketinggian 50 meter dari permukaan air laut. Namun dengan bekal keberanian dan keyakinan, semua itu terbayar menjadi sebentuk kenangan yang tak akan bisa dilupakan…Jadi…, kapan sahabat skalian kan silaturahim kesana dan mencoba sensasinya..????? Aku tunggu ya…..

1. pulau panjang2

Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah ikon utama pantai timang, di pulau berupa batu karang inilah para penduduk “Ngrendet” yaitu mencari lobster dengan menggunakan perangkap khusus…

Pulau Panjang on High Anggle

Pulau Panjang on High Anggle

Pulau panjang saya jepret dengan teknik framing  dari atas bukit sebelum sampai ke anjungan kereta gantung tradisional

Exotic Sekaligus Ekstreem

Exotic Sekaligus Ekstreem

Instalasi kereta gantung tradisional ala gunung kidul yang menghubungkan antara daratan dan pulu Panjang yang exotic

4. bukit timang

Bukit Timang

Hijaunya rerumputan dan pandan laut seolah membentuk frame tersendiri yang mempercantik pulau Panjang di kejauhan

5. instalasi ala gunung kidul

Instalasi Unik Ala Gunung Kidul

Instalasi sederhana ala gunung kidul yang hanya terdiri dari tali tambang dari plastik, kayu buatan 6 nelayan untuk berburu udang di pulau seberang

6. lintasan maut

Lintasan Maut

Lintasan yang bergoyang-goyang, deburan ombak yang menggelegar, runcin dan tajamnya batu karang dan dalamnya lautan di bawahnya menjadi tantangan tersendiri di sini…

6a. check instalasi

Checking Instalasi

Sebelum melakukan penyeberangan saya lakukan checking alat dulu, apakah sudah memenuhi standar “safty procedur”, dan ternyata sudah memenuhi standar minimalis, hehehe

7. antara exotix, ekstreem, hijau, biru, dan putih

Antara Exoticx, Ekstreem, Hijau, Biru, dan Putih

Subhanallah…., perpaduan lukisan alam nan elok

8. masih bisa narsis juga

Masih Bisa Narsis Juga

Mas Dayat, sahabat saya, sedang narsis ketika sudah berada di tengah kereta gantung, padahal awalnya harus saya paksa dulu biar berani naik kereta itu, hehehhe, piss ya mas dayat…

9. timang dari atas bukit

Pantai Timang dari Atas Bukit

Di teluk antara dua bukit inilah pantai timang itu berada……

10. tegarlah seperti karang, konsistenlah seperti ombak!!

Tegar Seperti Karang, Konsisten Bagai Ombak

“Berdiri kokoh tak goyah oleh berbagai ujian, dan istiqomah untuk terus bergerak dan berjuang”: itulah salah satu hasil tafakurku di surga dunia ini…

11. tebing pantai timang

Tebing Karang Pantai Timang

Tebing-tebing yang tajam dan tinggi adalah ciri khas yang dimiliki pantai-pantai di Gunung Kidul, termasuk di pantai Timang ini…

12.narsis di antara deburan ombak

Narsis di Antara Deburan Ombak

Keindahan alam ciptaan Tuhan yang “ternodai” oleh sifat narsis dari seorang makhluk yang bernama manusia….piss lagi ya bro.. 🙂

13. monster pantai timang

Monster Pantai Timang

Yuyu Putih, yang merupakan spesies unik di pantai Timang menambah ramai ekosistem pantai ini yang sangat exotic…

"Kompaknya Bapak dan Anak"

Like Father Like Son

Pak Tukijan, seorang nelayan pantai timang sedang memandangi anaknya yang sedang mengisi liburan di hari Minggu itu dengan memancing ikan di pantai timang…

18. aku dan si pemberani itu..

Aku dan Bapak Yang Pemberani Itu

Saya berbincang dengan Bapak Tukijan, seorang nelayan pemberani yang berani bertarung dengan maut dengan berenang menerjang ombak menuju pulau Panjang ketika pertama kali memasang instalasi kereta gantung itu, hanya  sekedar untuk berburu lobster guna menyambung hidup…

15. dayat

Bro Dayat Beraksi

Dengan kekuatan penuh, sahabat saya, Mas Dayat, menarik tali-tali kereta gantung itu agar kereta bisa berjalan

16. bagai terbang di awan

Bagai Terbang di Awan

Sensasi yang sungguh luar biasa saya rasakan ketika saya berada di tengah kereta gantung itu..

17. aku narsis

Hasrat Untuk Narsis

“Bloging adalah budaya Narsisme!!!” Itulah  salah satu komentar ahli saat acara e-life style di metro tv, dn saya-pun mempraktekannya di pantai timang… 🙂

20. aturan yang harus ditaati

Rambu-rambu Penting

Etika Panjat tebing ditulis di pintu masuk area panjat tebing di pantai Siung, untuk liputan di pantai Siung, tunggu postingan saya selanjutnya ya…keep stay tune on this station yach… 🙂

Iklan

Responses

  1. wealah den lha kok! sama model sekelas dude herlino gtu,posting fotonya kok g ijin dulu ya….,hati2 bsa di tuntut dri pihak management artisnya lho!!!!!!!

    tpi aq salut sama panjenengan…..
    sukses selalu bro!!!!!!

  2. assalamualaikum….
    subhanallah!!! betapa indahnya surga dunia yang sampeyan gambarkan… wuiiih itu petualangan yang tak sekedar menegangkan ‘exreme’ tapi benar-benar membuka mata akan kebesaran Allah Subhanahu Wata’ala…. jadi pengen bertandang neh…:) salut dan sukses bro atas liputannya…

  3. Liat poto2nya, cakep banget 🙂 (mmm… pulaunya lho mas, bukan orangnya :D)

  4. Assalamu’alaikum,
    Sangat indah sekali Mas, sebuah objek wisata yang indah dan kereta gantungnya bisa menjadi daya tarik tersendiri. (Dewi Yana)

  5. seru……………….
    uda 2 kali ke gunung kidul tapi ga pernah ke pulau ini….pengen jg…
    hehe

  6. Allahu Akbar, Subhanallah, betapa agung ciptaan Allah penguasa jagad raya seisinya.
    sering banget juga nee aq ma temen2 akarboncup ke gunungkidul, dimana pantai2nya emang indah penuh pesona, cm kok kgak kpikir ya kalau Allah jug aciptakan pesona sedemikian cantiknya, pengin banget deh kesana, tp paling enak lewat mana sih biar kita kagak lewatin keindahan2nya,akhir kata salam knal dr aq, t’lupa makacih atas gambar2 ekstremnya,aska tggu liputan selanjutnya.daaaaaaah,Wassalamualaikum

  7. hehehee….desaku nan indah…pantai ku nan menawan…ayo tingkatkan pariwisata di pantai gunungkidul…..!!

  8. pernah ke sana tapi belom pernah nyobain nyebrang….
    kalo mo nyebrang harus sama bapaknya ya?

  9. Pantainya bagus sih.. tapi kalau dkasih kemudahan transportasi pasti lebih rame deh. Mau sih bobok disana….:-)

  10. om…. punya nomor kontaknya pak tukijan, atau alamatnya? gimana cara menghubungi beliau?
    btw… salut atas petualangannya…
    (mas farhat ada YM? boleh minta dong… untuk share petualangan)

    • kontak pak tukijan langsung gak ada bro, YM: learnerst_19

  11. wah wah..dahsyat sekaligus mengerikan!
    haha…kapan2 k kidul deh,utk cobain yg ini 😀

    • dahsyat skaligus menantang sist!!! hayoo kapan, ntar gw antar ke tkp nya dah….. hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: